Bagaimana Berlian Terbentuk

Banyak orang kaya memiliki berlian, atau lebih tepatnya membeli berlian demi prestise. Namun hanya sedikit yang mengerti tentang berlian, apa dan bagaimana terbentuknya berlian sampai dapat di pakai dan memiliki bentuk yang indah dan memiliki nilai tinggi. Nah kebetulan tadi saya membaca tentang berlian dan ingin berbagi ilmu dengan anda semua (padahal baru aja baca tadi).

Berlian adalah mineral yang terbuat dari karbon yang mengkristal. Bahkan berlian adalah karbon murni lebih dari 99,95%. 0,05 persen sisanya dari unsur-unsur sering mempengaruhi warna kristal dan bentuk. Berlian ini juga jauh substansi alam yang paling sulit dikenal manusia. Berlian terbentuk antara 75 dan 120 mil di bawah permukaan bumi.Berlian dikirim ke permukaan oleh letusan gunung berapi. Letusan-letusan ini terjadi lebih dari 50 juta tahun lalu. Ahli geologi percaya bahwa pengiriman pertama terjadi lebih dari 2,5 miliar tahun lalu. Setelah mencapai permukaan, beberapa berlian menetap kembali ke pipa vulkanik mereka. Berlian lainnya dicuci ratusan mil jauhnya banjir dan sungai. Beberapa berlian mencapai lautan dan dicuci kembali ke pantai.

Diketahui bahwa tambang berlian pertama ditemukan di India sebelum 500 SM. India telah pemasok utama dunia berlian selama lebih dari 2.000 tahun, menghasilkan beberapa berlian yang paling terkenal. Saat ini, India menyumbang hanya sebagian kecil dari produksi berlian dunia. Berlian saat ini pemimpin produksi saat ini Australia, Botswana, Rusia, Afrika Selatan, Zaire dan Kanada.

Sebelum berlian tersebut berkilauan seperti pada gambar diatas, ada beberapa tahap yang perlu (harus) dilalui oleh berlian tersebut, yaitu Pertambangan, Penggosokkan, dan akhirnya Pemasaran. (saya ringkas biar gak terlalu rumit).

Untuk Pertambangan, yaitu mencari dan menggali berlian yang telah terlempar ke permukaan bumi. Namun banyak juga yang masih tependam di bawah permukaan bumi. Biasanya berlian yang didapat masih kasar, serupa dengan batu kerikil, namun kandungannya berbeda dengan batu kerikil.

Tahap Penggosokkan yaitu menghaluskan berlian yang sudah didapat dari tahap penambangan, agar berlian tersebut mengkilat dan dapat di jual serta di pakai oleh manusia.

Tahap Pemasaran yaitu penjualan berlian yang sudah mengalami penggosokkan dan bernilai jual tinggi, serta bernilai prestise (entah artinya apa), dan biasanya dengan harga yang lumayan mahal.

Nah, begitulah perjalanan dari sebuah berlian, dengan menempuh waktu jutaan tahun sampai sekarang. di indonesia sendiri berlian biasanya di sebut dengan nama intan, dan penambangan terbesar yang di ketahui yaitu di Maratapura, Kalimantan Selatan.

Yah, semoga bermanfaat ilmunya.