FLU BURUNG

0 comments
Flu burung? Pernahkah Anda mendengar tentang itu? Anda mungkin telah mendengar lebih banyak tentang hal itu dalam berita belakangan ini. Apa itu dan mengapa Anda harus khawatir tentang hal itu? Flu burung adalah virus menular dan mematikan yang mempengaruhi unggas dan manusia yang telah melakukan kontak dengan unggas yang terinfeksi. Ini telah terjadi terutama di Asia Tenggara dan menyebar ke negara lain. Sejak 2003, 160 orang di seluruh dunia telah sakit dan sekitar 82 orang tewas.

Pada saat ini flu burung tidak ditularkan oleh kontak manusia ke manusia. Tetapi para ilmuwan takut, dan ahli kesehatan sepakat, bahwa hanya masalah waktu bahwa virus akan berubah menjadi bentuk yang dapat dengan mudah ditularkan dari orang ke orang. Ketika itu terjadi akan ada peningkatan risiko pandemi di seluruh dunia.

Ada lebih dari 100 strain flu burung, tetapi kebanyakan mereka tidak menginfeksi manusia. Strain H5N1 saat ini dapat menginfeksi manusia, tapi tidak mudah. Jumlah kasus flu burung pada manusia dalam wabah saat ini sangat kecil, dan hampir semua terjadi secara kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi atau mati. Sejauh ini, penyebaran virus H5N1 dari orang-ke-orang telah langka dan tidak melanjutkan di luar satu orang. Manusia tidak memiliki ketahanan terhadap jenis virus ini, karena virus ini tidak biasanya menginfeksi manusia.

Jeffery K. Taubenberger, ahli patologi molekuler di Angkatan Bersenjata Institute of Pathology di Rockville, Amerika Serikat mengatakan:

"Virus-virus H5N1 mungkin mendapatkan kemampuan untuk beradaptasi dengan manusia, meningkatkan risiko pandemi mereka ... ada saran mungkin ada beberapa evolusi paralel terjadi."

Para ilmuwan masih tidak mengerti sepenuhnya bagaimana virus burung menjadi virus manusia, tetapi H5N1 sudah menunjukkan beberapa mutasi yang diperlukan untuk itu untuk menjadi flu manusia. Virus H5N1 juga kecil kemungkinannya untuk menyebar dari manusia ke manusia.

Beberapa tindakan pencegahan yang masuk akal, yaitu memiliki sistem kekebalan yang kuat harus menjadi garis pertahanan pertama. Makan makanan yang baik, berolahraga, mendapatkan banyak tidur, dan mengurangi stres semua dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang kuat yang dapat melawan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Gunakanlah kalimat yang baik dan sopan untuk toleransi bersama. Terimakasih.