Hubungan Intraspesifik dan interspesifik

1 comments

Hubungan Intraspesifik dan interspesifik

Hubungan intraspesifik adalah hubungan antara individu yang satu dengan yang lain dalam satu populasi. Hubungan intraspesifik itu antara lain:

Ø kompetisi, biasanya untuk mendapatkan makanan.
Ø Kanibalisme, biasanya untuk menyakiti sesamanya.
Ø Amensalisme, hubungan yang merugikan yang lain tapi diri sendiri tidak dapat apa-apa.

Hubungan interspesifik adalah hubungan antara organisme-organisme dalam populasi yang berbeda. Hubungan yang termasuk interspesifik antara lain:

Ø Mutualisme, hubungan yang saling menguntungkan.
Ø Komensalisme, hubungan yang menguntungkan yang lain dan dirinya tidak dapat apa-apa
Ø Parasitisme, hubungan yang merugikan yang lain tapi menguntungkan dirinya.
Ø Predatorisme, perburuan makanan.

Hubungan Intraspesifik

Hubungan intraspesifik adalah hubungan antara dua individu dalam satu organisme atau jenis.

1. Kompetisi
Kompetisi adalah hubungan antara dua individu untuk memperebutkan satu macam sumber daya, sehingga hubungan itu bersifat merugikan bagi salah satu pihak. Kompetisi dapat terjadi antar individu dalam satu populasi dan individu dari populasi lain yang berbeda.
Sumber daya yang diperebutkan dalam kompetisi ini dapat berupa makanan, energi, tempat tinggal, bahkan pasangan kawin. Persingan dalam hal sumber daya runga atau tempat tinggal terjadi jika terjadi ledakan populasi sehingga hewan berdesak-desakan di suatu tempat tertentu. Dalam kondisi ini hewan –hewan yang kuat mengusir hewan lemah untuk pindah dari kelompoknya atau meninggalkan tepatnya.

2. Kanibalisme
Kompetisi biasanya membawa serta hubungan kekanibalan. Misalnya pada ayam yang bersaing mendapatkan makanan, mereka akan berebut makanan yang ada di dalam wadah dan akan saling mematuk untuk mendapatkan makanan. Kebiasaan mematuk itu dapat berkembang menjadi suatu sifat kanibalisme. Kanibalisme adalah sifat suatu hewan yang bertujuan untuk menyakiti dan membunuh individu lain dalam suatu jenis organisme.
Adanya ayam yang bersifat kanibalisme ini merugikan peternak ayam, karena ayam tersebut menyakiti ayam lain, dan kadang mematuk telur sampai pecah dan menghisap sampai pecah.
Sifat kanibal juga dapat di jumpai di alam bebas, tidak hanya buatan manusia saja.

3. Amensalisme
Amensalisme dalah hubungan antara dua jenis organisme, yang satu menghambat atau merugikan yang lain, tetapi dirinya tidak mendapat pengaruh apa-apa dari kehadiran jenis organisme yang di hambat atau dirugikannya. Contoh hubungan seperti itu susah di cari pada komunitas hewan. Namun Jakson (1979, dalam Begon, 1990) menemukan hubungan amensalime ini pada jenis-jenis Bryozoa yang hidup di bawah karang di pantai Jamaika. Ia menemukan bahwa di antara 7 dari jenis kelompok Bryozoa yang saling bersaing persentase kemenangan berkisar antara 50% (kompetisi simetris) sampai 100% (amensalisme)

Hubungan Interspesifik

Hubungan interspesifik adalah hubungan antar dua individu yang berbeda jenis.

1. Mutualisme
Mutualisme adalah hubungan antar dua jenis organisme atau individu yang saling menguntungkan , tanpa ada yang mengalami kerugian. Dalam hubungan ini dua individu ada yang selalu hidup bersama dan ada pula yang tidak.
Smith (1992) menyebutkan ada beberapa macam hubungan mutualisme antara lain:

Ø Mutualisme Obligat atau Simbiotik, dalam hubungan ini dua individu yang berhubungan selalu hidup bersama.
Ø Mutualisme Nonsimbiotik, dalam hubungan ini dua individu yang behubungan hidup terpisah, namun pasangannya tetap atau tidak berubah.
Ø Mutualisme Fakultatif, kedua individu yang berhubungan tidak hidup bersama, dan pasangannya berubah atau tidak tetap.

2. Komensalisme
Komensalisme adalah hubungan antara dua jenis organisme, yang satu memberikan kondoso yang menguntungkan bagi yang lain sedangkan dirinya sendiri tidak terpengaruh oleh kehadiran jenis organisme lain itu.

1 comments:

  1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
    hubungi Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    selengkapnya klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

    BalasHapus

Silahkan kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Gunakanlah kalimat yang baik dan sopan untuk toleransi bersama. Terimakasih.