Pengertian Hidrologi Dasar

2 comments


              Pada dasarnya ilmu hidrologi ini bukan merupakan ilmu eksakta sepenuhnya, karena masih memerlukan interpretasi.
enurut SNI no. 1724-1989-F hidrologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari system kejadian air di atas, pada permukaan tanah, dan di dalam tanah.
            Jumlah air di dunia sekitar 1400 x 106 km3 atau 1400 x 1015 m3. Dari semua air itu, sekitar 97% merupakan air asin atau berasal dari lautan.
            Daur atau Siklus Hidrologi
            Yaitu gerakan air laut ke udara, kemudian jatuh ke permukaan tanah dan akhirnya mengalir ke laut kembali. Namun yang sebenarnya tidak sesederhana itu.
            Karena ada beberapa jenis dan gerakannya, antara lain:
1.      Daur dapat berupa daur pendek, yaitu hujan yang segera mengalir lagi ke laut.
2.      Tidak adanya keseragaman waktu yang diperlukan oleh suatu daur.
3.      Intensitas dan frekuensi daur tergantung kepada letak astronomis dan geografis serta iklim suatu lokasi. Daur atau Siklus ini berjalan karena sinar matahari
4.      Berbagai bagian atau proses dari daur dapat menjadi sangat kompleks, jadi kita hanya dapat mengamati bagian awal dan akhirnya saja.
Proses Daur Hidrologi
Air laut menguap karena radiasi matahari menjadi awan, kemudian awan yang terjadi oleh penguapan air bergerak ke atas daratan karena tertiup angin.
Presipitasi yang terjadi karena adanya tabrakan antara butir-butir uap air akibat desakan angin dapat berbentuk hujan atau salju. Setelah jatuh ke permukaan akan menimbulkan limpasan (run off) yang mengalir kembali ke laut.
Dalam usaha air kembali ke laut, beberapa mengalami infiltrasi (masuk ke dalam tanah) dan bergerak ke bawah (perkolasi) ke dalam daerah jenuh (saturated zone) yang terdapat di bawah permukaan air tanah atau permukaan freatik.
            Air dalam daerah ini bergerak perlahan-lahan melewati akuifer masuk ke sungai atau kadang2 langsung masuk ke laut.
            Air yang masuk ke dalam tanah (infiltrasi) memberi hidup kepada tumbuhan namun ada di antaranya naik ke atas lewat akuifer diserap akar dan batangnya, dan terjadi transpirasi, yaitu evaporasi (penguapan) lewat tumbuhan melalui bagian bawah daun (stomata).
            Air yang tertahan di permukaan tanah (surface detention) sebagian besar mengalir masuk ke sungai sebagai limpasan permukaan (surface run off) ke dalam palung sungai.
           

Presipitasi adalah curahan, segala yang di curahkan dari atmosfer turun ke permukaan bumi dalam berbagai bentuk, yaitu hujan, salju, embun, kabut, dan kondensasi.

2 comments:

  1. Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 085211599919 atau silahkan KLIK DISINI dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr.wb sy ingin mnyampaikan Trimaksih untuk Ki Wara karna berkat KI sy bisa menbayar utang sy yang bgitu bnyak dan mnbrikan kelancaran usaha sy dengan bantuan lewat pesugihan sy bs mendaptkn modal yg cukup besar oleh karna it bagi saudara saudaraku dijawa maupun di luar jawa yg ingin mendapatkn kemudahan jalan dngn mencari modal usaha mnbayar utang yg menunpuk silahkn anda meminta bantuan sama KI silahkan hub lansung ( KI WARA 085242894584 ) atau ( WA:085242894584 ). Dengan segenap keluaraga besar pak akbar- surabaya barat mengucapkan banyak trimaksih kepada KI WARA wassalama. KLIK BLOK DISINI

      Hapus

Silahkan kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Gunakanlah kalimat yang baik dan sopan untuk toleransi bersama. Terimakasih.