Subsidi BBM Di Hapus, Rakyat Miskin Gimana???

0 comments
Dalam jangka panjang, Indonesia akan menghapus subsidi BBM. Begitulah semangat dalam Rancangan Peraturan tentang Kebijakan Energi Nasional. Rencananya, penggunaan bahan bakar minyak akan di ganti dengan tenaga pengganti yang lain, yaitu tenaga geotermal dan tenaga air.
Permasalahan yang akan timbul dengan adanya penghapusan subsidi ini yaitu melambungnya harga-harga sembako, akan banyak rakyat yang susah dan sebagainya yang dapat diperkirakan seperti pada kenaikan harga BBM sekitar tahun 2000-an.
Penghapusan subsidi ini di karenakan beberapa faktor yang memilik dampak internasional dan melambungkan harga minyak hingga 100$ USD per barelnya. Faktor yang berperan dalam hal ini antara lan:
1. Bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di jepang, menyebabkan Jepang kekurangan energi
2. Nuklir Jepang yang mengalami kerusakan hingga terjadi krisis energi di Jepang
3. Jumlah defisit negara
4. Melonjaknya  harga minyak dunia
5. Berkurangnya jumlah BBM yang terdapat di dalam perut bumi
6. DLL....

Penghapusan subsdi BBM berarti menaikkan harga BBM, yang tadinya Rp. 4.500 menjadi DIATAS Rp. 5.000, BAHKAN MUNGKIN LEBIH.
 

Pertanyaan yang dapat di ajukan dalam hal ini, apabila jumlah uang yang digunakan untuk mensubsidi di hilangkan, akan kemana larinya uang tersebut??? apakah hanya akan menjadi bahan rebutan korupsi para pejabat, atau mungkin akan digunakan untuk pembangunan negara ini???
Namun yang paling menderita adalah rakyat kecil yang akan mengalami kemiskinan yang merajalela dan semakin tidak masuk akal bagi mereka. Untuk makan saja sudah susah, apalagi untuk beli yang lain-lain. Hanya penguasa dan pejabat saja yang dapat senangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Gunakanlah kalimat yang baik dan sopan untuk toleransi bersama. Terimakasih.